Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PELATIHAN PEMBACAAN DHAMMAPADA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA VERSI SARADHANIYA

Krido Prasetyo (STIAB Smaratungga)
Sutikyanto Sutikyanto (STIAB Smaratungga)
Mujiyanto Mujiyanto (STIAB Smaratungga)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2023

Abstract

Siswa sekolah minggu Buddha Gavidati di desa prigi dengan jumlah 46 anak dari yang belum sekolah sampai yang sudah sekolah menengah pada anak usia 12-17 tahun, didapati keseluruhan belum bisa membaca Dhammapad? sesuai dengan ketepatan Teknik membaca dari berbagai versi. Tujuan peneliti adalah untuk mengetahui Pelatihan Pembacaan Dhammapad? Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Versi Saradhaniya bagi siswa SMB Gavidati pada anak usia 12-17 tahun. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eskperimen bentuk desain one-group pretest-posttest. Metode yang digunakan untuk mengukur validitas dari item-item dalam kuesioner adalah dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil menunjukkan rata-rata peningkatan keterampilan membaca Dhammapad? sebesar 53%. Rata-rata keterampilan sebelum diberikan perlakuan adalah 36% dengan kategori sangat tidak sesuai dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dengan nilai rata-rata 89% dengan kategori sangat sesuai. Penelitian yang telah dilakukan menunjukan perubahan yang signifikan pada anak sekolah Pada perhitungan t diperoleh nilai -14,302 dimana nilai t hitung lebih besar dari t tabel (nilai t tabel dari df 11 adalah 2,201). Karena nilai t berada di atas nilai kritis 2,201 maka perbedaan diterima pada taraf 99%. Nilai Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai 0,00, karena Sig. 0,05 maka terbukti bahwa terdapat Keefektifan pelatihan pelatihan pembacaan Dhammapad? dalam meningkatkan keterampilan membaca versi saradhaniya antara sebelum dan sesudah mendapatkan pelatihan pembacaan keterampilan membaca Dhammapad?.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...