Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR DALAM KURIKULUM MERDEKA DI FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

Yusuf Hamzah (Universitas Pejuang Republik Indonesia Makassar)
Al Ikhlas (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)
Trisna Rukhm (STKIP Muhammadiyah Sungai Penuh)
Ardah Ardah (UHAMKA)
Murthada Murthada (Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh)
Bambang Eko Prayetno (Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Artikel ini mengulas evaluasi mengenai bagaimana mahasiswa menilai penggunaan sumber belajar dalam penerapan Kurikulum Merdeka di Fakultas Ilmu Pendidikan. Kurikulum Merdeka merupakan suatu pendekatan inovatif dalam pendidikan tinggi yang menitikberatkan pada memberikan fleksibilitas dan otonomi kepada mahasiswa dalam pemilihan sumber belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana mahasiswa menafsirkan penggunaan sumber belajar dalam kerangka Kurikulum Merdeka, sejauh mana penggunaan sumber belajar ini memengaruhi proses pembelajaran mereka, dan dampaknya terhadap pencapaian kompetensi. Data penelitian dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan mahasiswa dari berbagai program studi di Fakultas Ilmu Pendidikan. Hasil analisis data mengungkapkan beragam persepsi yang dimiliki oleh mahasiswa terkait penggunaan sumber belajar dalam Kurikulum Merdeka, termasuk tantangan dan manfaat yang mereka alami. Dalam kesimpulan, artikel ini membahas implikasi temuan tersebut terhadap implementasi Kurikulum Merdeka dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan penggunaan sumber belajar dalam pendidikan tinggi yang lebih adaptif dan responsif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...