Disleksia adalah gangguan dari sistem syaraf otak dimana kondisi ketidakmampuan belajar pada seseorang yang disebabkan oleh kesulitan dalam melakukan aktivitas membaca dan menulis. Guru haruslah mengupayakan bagaimana cara agar anak disleksia selalu memiliki kemauan untuk belajar membaca ataupun mengeja. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang Upaya guru mengatasi masalah disleksia di kelas VI Sd Alwasliyah 52 Desa Pematang Johar. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif, tempat penelitian Sd Alwasliyah 52 Desa Pematang Johar, dilaksanakan pada tanggal 17 oktober 2023, instrument yang digunakan yaitu berupa wawancara. Hasil dari penelitian upaya guru dalam mengatasi disleksia pada kelas VI Sd Alwasliyah 52 Desa Pematang Johar yaitu identifikasi untuk menemukan siswa yang mengalami disleksia, diagnosis penentuan mengenai hasil dari pengolahan data tentang siswa yang mengalami disleksia, prognosi untuk menyusunan rencana atau program yang diharapkan dapat membantu mengatasi masalah disleksia, yang terakhir memberikan bantuan atau terapi berupa bimbingan belajar.
Copyrights © 2023