Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGGUNAAN METODE DISCOVERY DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA PADA ANAK DI RA NURUS SALAM

Ade Rahman Matondang (Universitas Al Washliyah Medan)
Khairuddin Lubis (Universitas Al Washliyah Medan)
Rusmaningsih Rusmaningsih (Universitas Al Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
09 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan utama, yakni: 1) Untuk mengidentifikasi penerapan metode discovery di RA Nurus Salam, dan 2) Untuk mengevaluasi perkembangan kemampuan pengenalan warna pada anak dengan menggunakan metode discovery di RA Nurus Salam. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Kualitatif, dengan mengimplementasikan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Penerapan metode discovery dalam proses pembelajaran melibatkan pengamatan, pengelompokan, dan penjelasan objek yang diamati. 2) Pengembangan kemampuan anak dalam mengenal warna dilakukan melalui metode discovery, dengan membantu siswa memperbaiki dan mengembangkan keterampilan serta proses kognitif, memberikan pelatihan, dan memberikan demonstrasi langsung kepada anak. Hal ini memungkinkan siswa untuk lebih mudah memahami konsep yang diajarkan dengan bantuan objek-objek sekitar. Metode discovery juga memberikan wawasan terhadap kondisi psikologis dan tingkat kemampuan siswa, serta mempermudah pengenalan warna kepada anak melalui interaksi dengan objek-objek di sekitarnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...