Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif yang menggunakan metode dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik finding. Model analisis data yang diterapkan oleh peneliti adalah bersifat deduktif dan induktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kepala sekolah, sebagai pimpinan, melaksanakan pengendalian atau controlling dalam konteks pendidikan. Hal ini bertujuan agar proses kegiatan dalam manajemen sekolah tetap berjalan secara optimal. Fungsi dan tujuan dari pengendalian pendidikan dalam penelitian ini diartikan sebagai upaya pemeriksaan terhadap jalannya perencanaan dalam suatu lembaga pendidikan, dengan tujuan untuk menghindari hasil yang lebih burukt Al-Quran menjadi landasan moral dalam penelitian ini, memberikan peringatan keras agar segala sesuatu yang dapat merugikan lembaga atau pihak terkait dapat dihindari. Al-Quran menekankan pada pentingnya introspeksi dan evaluasi diri pribadi sebagai seorang pemimpin, untuk memastikan keselarasan dengan pola dan tingkah laku berdasarkan perencanaan dan program yang telah dirumuskan kembali. Sikap yang bersahabat dalam menjalankan tugas, serta melakukan pengecekan atau pemeriksaan terhadap kinerja anggota tim, dianggap sebagai tindakan yang seyogyanya dilakukan oleh seorang pemimpin berdasarkan nilai-nilai yang terdapat dalam Al-Quran.
Copyrights © 2024