Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS CERITA PENDEK BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA KRISTEN TERANG BANGSA

Michael Johan Sulistiawan (Universitas Negeri Semarang)
Seylla Arifeni (Mts Negeri 1 OKU Timur)
Wahyu Azam Nur (Universitas Negeri Semarang)
Rahayu Pristiwati (Universitas Negeri Semarang)
Mukh Doyin (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2024

Abstract

Fokus penelitian ini adalah menjelaskan implementasi pembelajaran berdiferensiasi mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi teks cerita pendek di SMA Kristen Terang Bangsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, data penelitian didapatkan melalui kegiatan observasi dan wawancara responden yakni guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA Kristen Terang Bangsa dibantu dengan menggunakan instrumen panduan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi pada pembelajaran bahasa Indonesia materi teks cerpen di SMA Kristen Terang Bangsa telah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dilakukan berdasarkan tiga komponen, yaitu komponen pembedaan isi, proses, dan produk. Penerapan pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan semangat dan motivasi siswa ketika mengikuti kegiatan pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...