Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 3 (2023): Volume 6 No. 3 2023

IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI SEKOLAH PENGGERAK SDN 01 SARILAMAK

Jumrawarsi Jumrawarsi (STKIP YDB Lubuk Alung)
Siska Oktawidya Wati (STKIP YDB Lubuk Alung)
Fitria Fitria (Sekolah SDN 01 Sarilamak)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Implementasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan (2) ketercapaian muatan dimensi sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik di Sekolah Penggerak SDN 01 Sarilamak. Tema yang dipilih ialah Gaya Hidup Berkelanjutan pada Fase B. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik interaktif meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Implementasi P5 di Sekolah ini meliputi mendesain P5, pengelolaan P5, pengolahan asesmen dan laporan hasil P5 serta evaluasi dan tindak lanjut. a) desain P5 terdiri dari membentuk tim, mengidentifikasi kesiapan sekolah, menentukan dimensi karakter Profil Pelajar Pancasila yang ingin dikuatkan, menentukan tema, merencanakan waktu, alur, asesmen, dan membuat modul; b) pengelolaan P5 meliputi kontekstualisasi, aksi P5, serta perayaan hasil belajar; c) pengolahan asesmen dan pelaporan hasil P5 meliputi mengoleksi, mengolah hasil asesmen, dan penyusunan rapor proyek; d) evaluasi dan tindak lanjut P5 berupa penguatan karakter serta melanjutkan kebiasaan yang baik dengan membentuk polisi lingkungan dan membuat bank sampah (2) ketercapaian muatan dimensi pada tahap berkembang sesuai harapan (BSH) dapat terlihat dari; a) dimensi Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan akhlak mulia ditemukan sebanyak 51 dari 60 peserta didik atau memiliki rata-rata 85%, b) dimensi kreatif ini ditemukan sebanyak 48 dari 60 peserta didik atau memiliki rata-rata 80% dan c) dimensi gotong royong ditemukan sebanyak 54 dari 60 peserta didik atau memiliki rata-rata 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...