Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

IMPLEMENTASI PROGRAM KERJA LITERASI MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR DI SDN GELANG 1 SIDOARJO

Syella Tri Novera (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Septina Lisdayanti (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Ira Yuniati (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)
Man Hakim (Universitas Muhammadiyah Bengkulu)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai implementasi program kerja literasi mahasiswa kampus mengajar angkatan 6 di SDN Gelang 1 Sidoarjo. Fenomena yang terjadi di Indonesia tingkat literasi masih sangat rendah. Beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya tingkat literasi di Indonesia antara lain adalah kurangnya minat baca masyarakat. Menyikapi hal ini, Kampus Mengajar (KM) yang merupakan salah satu program dari Kampus Merdeka hadir untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif dan hasil observasi langsung ke lapangan yaitu di SDN Gelang 1 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Literasi di sekolah dasar membantu anak-anak dalam mengembangkan kemampuan membaca dan menulis yang merupakan dasar dari pembelajaran di masa depan. Melalui program-program unggulan seperti membaca rutin, hari kreatif, rantai kata, mading, scrabbel, literasi kreasi memberikan dampak positif kepada para siswa SDN Gelang 1 Sidoarjo dalam meningkatkan literasi serta berdampak positif juga kepada para mahasiswa kampus mengajar dalam hal kreatifitas, kepemimpinan dan lain sebagainya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...