Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII- D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 82,53, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,43. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil analisis regresi sederhana dan uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai ??i???g > ?????? (17,726 > 1,669) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
Copyrights © 2024