Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA KELAS VII SMP SWASTA KATOLIK TRISAKTI 1 MEDAN

Sitohang, Mario Antonius (Unknown)
Manurung, Nurliani (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan metakognitif siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Katolik Trisakti 1 Medan T.A 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen design. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII- D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Perolehan hasil rata-rata skor tes akhir (post-test) siswa kelas eksperimen yaitu sebesar 82,53, sedangkan pada kelas kontrol hasil rata-rata skor tes akhir siswa yaitu sebesar 70,43. Pada uji hipotesis, diperoleh hasil analisis regresi sederhana dan uji perbedaan rata-rata (uji-t) dengan statistic nilai ??i???g > ?????? (17,726 > 1,669) yang artinya terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning yang diterapkan pada kelas eksperimen. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...