Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 1 (2024): Volume 7 No 1 Tahun 2024

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Kirana, Candra (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia pada Siklus I Pertemuan 1 yaitu yaitu 62,82% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus I Pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 70,75% dengan kategori cukup aktif. Pada Siklus II Pertemuan 1 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 76,95% dengan kategori aktif. Pada Siklus II Pertemuan 2 aktivitas belajar siswa meningkat yaitu 81,54% dengan kategori aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia di kelas V SD Negeri 010 Bonai Darussalam.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...