Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan. adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah guru dan sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 121 guru. Penelitian yang dilakukan menggunakan riset kuantitatif dengan metode survei dan pendekatan eksplanatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis, analisis korelasi dan koefisien determinasi. Namun sebelumnya dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas terlebih dahulu. Berdasarkan hasil dari penelitian ini bahwa supervisi manajerial kepala sekolah secara statistik berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini diperoleh dari hasil nilai thitung = 16,607 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi 5% adalah = 1,984 Dikarenakan thitung > ttabel (16,607 > 1,984). Adapun besarnya nilai uji koefisien determinasi didapat nilai R sebesar 0,864 Hal ini menunjukkan bahwa variabel independen yaitu supervisi manajerial kepala sekolah memiliki hubungan (korelasi) yang kuat sebesar 86,4%. Besarnya adjusted R2 yang dihasilkan 0,743 artinya sebesar 74,3% variabel independen menyumbang pengaruh yang efektif terhadap variabel dependen sedangkan sisanya 25,7% dipengaruhi oleh faktor yang lain.
Copyrights © 2024