Salah satu hal krusial dalam mendukung efektivitas dan efisiensi layanan publik adalah melalui penyediaan panduan yang kuat dengan memperbaiki administrasi Pemerintahan, termasuk penyusunan serta implementasi Standar Operasional Prosedur (SOP) secara efisien. SOP menjadi panduan untuk menilai bagaimana kinerja instansi pemerintah berjalan, dengan mengacu pada indikator teknis, administratif, dan prosedural yang sesuai dengan dinamika kerja dalam organisasi tersebut sehingga diharapkan aparat Pemerintah Kecamatan Sawo dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penerbitan Surat Pengantar Pindah Penduduk Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kecamatan Sawo. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan bantuan SPSS for window Versi 26. Populasi penelitian mencakup masyarakat yang mengurus surat pengantar pindah penduduk di Kantor Kecamatan Sawo dari bulan Januari s.d. Desember 2022 sebanyak 120 orang. Dengan demikian sampel yang digunakan 25 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 30 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji reliabilitas dengan nilai Cronbach’s alpha Standar Operasional Prosedur (SOP) X sebesar 0,691 > 0.60 sehingga kuisioner tersebut reliable dan Kualitas Pelayanan Y sebesar 0,735 > 0.60 sehingga kuisioner tersebut reliable. Uji Normalitas dengan nilai signifikansi Asiymp.Sig (2- tailed) sebesar 0,901 > Sig 0,05. Maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan dalam uji normalitas Kolmogorov-Smirnov, dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Dengan demikian, asumsi atau persyaratan normalitas dalam model regresi sudah terpenuhi. Dengan demikian Hipotesis menerangkan "Ha diterima dan Ho ditolak", maka Standar Operasional Prosedur (SOP) berpengaruh signifikan terhadap Kualitas Pelayanan. Atau semakin baik Standar Operasional Prosedur (SOP) semakin mempengaruhi Kualitas pelayanan pada Kantor Kecamatan Sawo.
Copyrights © 2024