Outline Journal of Education
Vol. 3 No. 1: February 2024

The Influence Of Learning Motivation, School Environment On Learning Achievement In Economics Class XI IPS SMA N 1 Tanjungtiram

Fhikry Ahmad Halomoan Siregar (Unknown)
Nurmaili (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh motivasi belajar, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Tiram. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar. 3) Pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar. Subject penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Tanjung Tiram. Total sampel 85 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Metode penelitian bersifat deskriptif yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang suatu gejala pada penelitian. Sebelum penelitian ini dilakukan instrumen penelitian terlebih dahulu diujicobakan, dilanjutkan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Instrumen angket motivasi belajar yang valid diperoleh 18 butir dari 20 butir angket yang diujicobakan, dan mempunyai reliabilitas sebesar 0,73. Instrumen angket lingkungan sekolah valid diperoleh 18 butir dari 20 butir angket yang diujicobakan, dan koefisien reliabilitasnya sebesar 0,69. Berdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan: 1) Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tanjung Tiram diperoleh sebesar 46,8 %, pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar diperoleh sebesar 34,5 %, pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar diperoleh sebesar 25,4 %, dan sisanya ditentukan oleh keadaan lain.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

OJE

Publisher

Subject

Education Other

Description

Outline of Journal Education is a high quality open access peer reviewed research journal published by Outline Publisher. Outline of Journal Education provides a platform that welcomes and recognizes high quality empirical original research papers in education written by researchers, academics, ...