Dasarrupa : Desain dan Seni Rupa
Vol 5 No 3 (2023): Jurnal dasarrupa Vol 5 no 3 Desember 2023

PERANCANGAN ULANG KEMASAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PADA ATARAKSIA PARFUM

Muhammad Ikhwan Riansyah (Universitas 'Aisyiyah Bandung)
Imam Budi S M.Sc., M.Ds (Universitas 'Aisyiyah Bandung)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2024

Abstract

Indonesia memiliki keanekaragaman budaya yang kaya, sehingga menciptakan wadah kreativitas tanpa batas di banyak industri, seperti parfum. Misalnya saja kemasan produk parfum Ataraksia yang merupakan media menarik yang mencerminkan kekayaan warisan budaya. Memberikan pengetahuan tentang beragam pengalaman warisan di Indonesia, tersedia variasi parfum horor yang berbau misterius dan unik. Produk parfum horor tidak hanya mengekspresikan aroma istimewa, namun juga menawarkan pengalaman unik yang memadukan tradisi dan inovasi dalam wewangian. Desain kemasan produk parfum akan menjadi hal penting karena tidak hanya sekedar wadah fungsional, namun juga merupakan seni visual yang memadukan unsur budaya dengan sentuhan modern. Penelitian ini menggunakan metode Glass box untuk melakukan analisis produk parfum dari seri horor Ataraksia untuk menganalisis identitas merek dan mendesain ulang desain kemasannya agar sesuai dengan pesan/komunikasi produsen kepada konsumen. Hasil penelitian dijelaskan oleh peniti berdasarkan Marketing Mix , SWOT, Segmenting , Unique Selling Point, Product Personality, Design Brief, AISAS, dan Prinsip Packaging Design.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dasarupa

Publisher

Subject

Arts Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

This Journal of Visual Communication Design and Fine Arts is published by the Visual Communication Design Study Program, University of Nusa Putra, as a journal published every four months that focuses on presenting writings on Design and Fine Arts. This journal contains research articles or concept ...