Sistem Informasi Desk Layanan (SIDELA) adalah aplikasi yang digunakan untuk pengelolaan pengaduan dan pengajuan mengenai layanan TI yang terdapat pada Diskominfo. Pengelolaan SIDELA masih mengalami permasalahan seperti pelaksanaan audit belum dilaksanakan, sehingga belum bisa melihat capaian dari SIDELA. Tujuan penelitian untuk mengevaluasi kapabilitas sistem tata kelola teknologi informasi menggunakan framework COBIT 2019. Metode yang digunakan adalah menggunakan framework COBIT 2019. Terdapat lima tahap dalam penelitian ini yaitu tahap perencanaan, tahap ruang lingkup, tahap pengumpulan data, tahap anlisis, dan tahap penyimpulan hasil. Pengumpulan data dilakukan dengan cara ,wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan hasil pemetaan, dipilih 6 domain yaitu DSS01, DSS02, DSS03, DSS04, DSS05, dan DSS06. nilai target level kapabilitas yang diharapkan pada seluruh domain yaitu mencapai Level 4 (Predictable Process). Domain DSS01 memiliki gap sebanyak 4 level, DSS02 memiliki gap sebanyak 1 level, DSS03 memiliki gap sebanyak 1 level, DSS04 memiliki gap sebanyak 1 level, DSS05 memiliki gap sebanyak 4 level, dan DSS06 memiliki gap sebanyak 0 level. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini dalam menggunakan kerangka kerja BSC sudah memenuhi target yang diharapkan, Namun secara COBIT 2019 masih kurang, dikarenakan masih terdapat nilai kesenjangan berdasarkan level kapabilitas. Pada penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode pengukuran tingkat kapabilitas yang lain.
Copyrights © 2023