Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji prosedur pelaksanaan peningkatan kemampuan kognitif siswa dalam memahami konsep-konsep ilmiah dalam mengelola pencemaran lingkungan dengan memanfaatkan model Learning Cycle 5E Maarif Hidayat Al-Mubattiien Kamranjen. Penelitian ini akan dilakukan sebagai penelitian tindakan partisipatif (PTK) yang terdiri dari dua siklus tindakan dan akan melibatkan total 23 siswa kelas VII pada tahun ajaran 2022/2023 di MTs Maarif Hidayat Al-Mubattiien Kamranjen. Data Informasi diperoleh melalui penggunaan metode observasi dan pemeriksaan. Alat yang digunakan adalah soal ujian pilihan ganda yang telah melalui uji validitas ahli dan lembar observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan model Learning Cycle 5E dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi akademik siswa, khususnya dalam hal kemampuan kognitif (C1-C3). Perkembangan kemampuan kognitif siswa dapat dilihat melalui hasil tes yang menunjukkan nilai rata-rata 6,05 pada siklus I. Namun seiring dengan peningkatan proses pembelajaran, kemampuan kognitif siswa meningkat menjadi 7,3 pada siklus II.
Copyrights © 2023