Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 3 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2023

Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Menyontek, Penyebab, dan Solusinya Melalui Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi Kelompok Homeroom Di SMA Negeri 1 Madapangga Kelas XI IPA-1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021

Sapruddin Sapruddin (SMA Negeri 1 Madapangga, Bima, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 May 2023

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan mendeskripsikan penerapan dan dampak penerapan bimbingan klasikal dengan metode diskusi kelompok homeroom untuk meningkatkan pemahaman siswa pada  topik menyontek, penyebab dan solusinya di SMA Negeri 1 Madapangga Kelas XI IPA-1 Semester  2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Hasil evaluasi pada pra siklus, ketuntasan klasikal yang dicapai adalah 66,67%. Hal ini dibawah indikator keberhasilan yang ditetapkan yakni ketuntasan minimal individual siswa mencapai > 75,00 dan persentase pencapaian Kriteria Ketuntasan secara klasikal adalah > 85%. Penelitian perbaikan pembelajaran ini diterapkan pada siswa Kelas XI IPA-1 sebanyak 31 orang siswa, terdiri dari 15 orang laki-laki  orang dan 16 orang perempuan. Pada siklus 1, pemahaman siswa menunjukkan hasil ketuntasan sebesar 76,67%. Berdasarkan hasil asesmen, ketuntasan klasikal belum mencapai standar indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu ketuntasan klasikal 85%. Hasil ini mengarahkan peneliti untuk meneruskan pada siklus 2 dengan perbaikan sesuai hasil refleksi. Selanjutnya pada siklus 2, data hasil penilaian pemahaman siswa, ada peningkatan yang signifikan pada ketuntasan klasikal yaitu sebesar 86,67%. Hasil ini memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan, sehingga penelitian dianggap berhasil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...