Jurnal Pustaka Indonesia
Vol. 2 No. 2 (2022): Agustus

Implementasi Metode Berbagi Pengalaman dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Pantun Siswa Kelas VII B SMP Negeri 17 Seluma

Heni Annisa (Unknown)
Khermarinah (Unknown)
Wenny Aulia Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi metode berbagi pengalaman dalam mata pelajaran bahasa indonesia materi menulis pantun siswa kelas VII B SMPN 17 Seluma. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kulaitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah langkah-langkah seperti yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Informan dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII B dan empat orang siswa kelas VII B SMPN 17 Seluma. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan metode berbagi pengalaman dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis pantun pada siswa kelas VII B yang melalui tiga tahapan yaitu tahapan perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi. Pada tahapan perencanaan, sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang akan diajarkan seperti menyiapkan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan mencantumkan metode berbagi pengalaman. Pada tahapan pelaksanaan, guru mengimplementasikan metode berbagi pengalaman pada pembelajaran menulis pantun yang sesuai dengan langkah-langkah metode berbagi pengalaman yaitu experience (pengalaman), publishing and sharing (melaporkan dan berbagi), processing (pengolahan), genaralize (penyamarataan), dan applying (penerapan). Pada tahapan evaluasi berisi penyajian informasi mengenai implementasi metode berbagi pengalaman dan dapat diketahui bahwa metode berbagi pengalaman sudah baik dan efektif untuk digunakan pada pembelajaran menulis pantun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan ...