Jurnal Pustaka Indonesia
Vol. 1 No. 3 (2021): Desember

Gaya Bahasa Dalam Slogan Penjualan Produk dan Jasa di Koran Radar Bengkulu

Meri Ratna Dewi (Unknown)
Akbarjono, Ali (Unknown)
Randi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Pada umumnya banyak gaya bahasa yang digunakan dalam penulisan slogan penjualan produk dan jasa di koran untuk menarik minat baca konsumen agar tertarik dengan produk yang ditawarkan. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ialah apa saja gaya bahasa, makna yang terkandung dan fungsi bahasa slogan dalam penjualan produk dan jasa di koran Radar Bengkulu edisi April-Juni 2022. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk, makna dan fungsi bahasa slogan dalam penjualan produk dan jasa di koran Radar Bengkulu. Jenis Penelitian Ini adalah penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode contentanalysis (analisis isi). Sumber data berupa slogan penjualan produk dan jasa di koran Radar Bengkulu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik amati, analisis dan tarik kesimpulan. Intrumen penelitian adalah human instrumen. Hasil menyimpulkan bahwa terdapat sebanyak sebanyak 35 slogan iklan yang mengandung makna gaya bahasa. Gaya bahasa yang digunakan diantaranya adalah 7 gaya bahasa hiperbola, 21 gaya bahasa pertanyaan retoris, 1 gaya bahasa aliterasi, 5 gaya bahasa metafora, dan 1 gaya bahasa repetisi. Serta makna semantiknya yaitu 8 makna kias, 14 makna denotatif, dan 13 makna leksikal. Serta 20 slogan yang memiliki fungsi informatif (informasi) dan 15 gaya slogan yang memiliki fungsi direktif (mengajak)

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pustaka Indonesia published Three times a year (April, Agustus and December ) as a medium of distributing scientific research in the field of language, literature , and the Indonesian language and literature education. Jurnal Pustaka Indonesia is published in collaboration between the Yayasan ...