Tujuan utama dari penelitian ini adalah agar dapat mengetahui hubungan antara strategi membaca dengan kemampuan memahami teks bacaan pada siswa kelas IX di MTsN 1 kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode stastistik korelasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data adalah observasi, angket, tes yang sampelnya berjumlah 32 sampel, analisis product moment. Dari kegaiatan penelitian maka diperoleh hasil penelitian yang perhitungannya dengan SPSS V.22, yang kemudian didapatkan t_hitung 9,674 dengan t_tabel 2,042, yang dimana variabel strategi membaca dikategorikan kedalam tingkatan sedang dengan peresentase 62,5% dan variabel kemampuan memahami teks bacaan dikategorikan kedalam tingkatan sedang dengan peresentase 56,25%. Maka dari perhitungan hasil strategi membaca dengan kemampuan memahami teks bacaan didapatkan nilai sebesar 0,870, pada tabel interprestasi nilai “r” termasuk kedalam kategori tinggi, setelah selesai dilakukan analisis product moment kemudaian selanjutnya dilakukan uji t untuk mengetahi tingkat signifikansi korelasinya. Dari perhitungan uji t diperoleh t_hitung 9,674 dengan taraf signifikansi 5% maka diperoleh nilai t_tabel 2,042. Oleh karena t_hitung > t_tabel yaitu 9,674 > 2,042 maka dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil analisis secara signifikan terdapat hubungan antara strategi membaca dengan kemampuan memahami teks bacaan pada siswa di MTsN 1 kota Bengkulu
Copyrights © 2021