Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)
Vol 5, No 2 (2023): Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE)

PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VI SDN RANCASENENG I

Dina Oktaviani (Universitas Setiabudhi Rangkasbitung)
Dine Trio Ratnasari (Universitas Setiabudhi Rangkasbitung)
Yayan Oktaviana (Universitas Setiabudhi Rangkasbitung)
Euis Fadhilah (Universitas Setiabudhi Rangkasbitung)
Een Erniawati (Universitas Setiabudhi Rangkasbitung)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Rancaseneng I. Penelitian yang dilakukan termasuk pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode ex post facto. Pada penelitian ini kelas yang menjadi populasi penelitian adalah kelas VI SDN Rancaseneng I yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan populasi sebagai sampel (sampel jenuh). Teknik pengumpulan data berupa angket dan hasil belajar IPS berupa Penilaian Tengah Semester (PTS). Instrumen disebarkan kepada responden yang menjadi sampel penelitian untuk kemudian data yang diperoleh melalui instrumen angket tersebut dianalisis dengan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal terhadap hasil belajar IPS siswa kelas VI SDN Rancaseneng I. Hasil ini diperoleh melalui analisis data dengan regresi linier sederhana yang membentuk persamaan regresi Y = 36,463 + 0,552X dan dengan nilai thitung > ttabel (3,443 > 2,028) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,002 < 0,05). Besar koefisien determinasi (R square) 0,259 artinya kecerdasan intrapersonal berpengaruh sebesar 25,9 % terhadap hasil belajar IPS siswa di SDN Rancaseneng I, sedangkan 74,1% dipengaruhi oleh faktor lain.Kata Kunci: Kecerdasan Intrapersonal, Hasil Belajar, IPS.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

IJOEE

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) encompasses original research articles and review articles including: Instruction of elementary education (natural science, social science, mathematics, languages, civics, religion, physical education, and arts), Curriculum of elementary education, ...