Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra
Vol. 9 No. 2 (2023)

Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan

Tahir Danial (Universitas Negeri Makassar)
Sulastriningsih Djumingin (Universitas Negeri Makassar)
Ambo Dalle (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dalam keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menjadikan model belajar dan hasil belajar sebagai variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas XI MAN Pangkajene Kepulauan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai pretes 41,87 menjadi 79,00 pada nilai postes.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

onoma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Onoma adalah jurnal akademik yang diterbitkan pada bulan Mei dan November oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo. Jurnal ini menyajikan artikel-artikel ilmiah tentang pendidikan, bahasa dan sastra Indonesia. ...