JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 5 No. 1 (2021)

Evaluasi Kinerja Pengawas Sekolah Dasar Negeri Se Kota Mataram Pada Masa Covid-19

Asiandrayani Asiandrayani (Unknown)
Sudirman Sudirman (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)
Sukardi Sukardi (Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana Universitas Mataram, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevalausi kinerja pengawas sekolah dasar Se Kota Mataram pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap pengawas sekolah karena pengawas sekolah mempunyai tugas pokok menilai dan pembinaan penyelenggaraan pendidikan pada sejumlah sekolah tertentu baik negeri maupun swasta yang menjadi tanggung jawabnya walaupun pada masa sulit seperti saat ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan metode kuantitatif. Model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi CIPP meliputi evaluasi konteks (context evaluation), evaluasi masukan (input evaluation), evaluasi proses (process evaluation) dan evaluasi produk/hasil (product evaluation). Sampel berjumlah 94 guru dengan teknik random sampling dari populasi sebesar 994 guru yang tersebar pada 167 sekolah dasar di Kota Mataram. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase dan statistik inferensial oneway anova. Hasil penelitian capaian kinerja pengawas pada aspek konteks 89,5%, aspek input 81,2%, aspek proses 86,4%, dan aspek produk 85,9%. Hasil analisis statitik oneway respon sampel berdasarkan aspek jender dan masa kerja di atas 0,05 yang menunjukkan faktor jender dan masa kerja tidak mempengaruhi penilaian terhadap kinerja pengawas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kinerja pengawas se Kota Mataram menunjukan kinerja sayang sangat baik dengan persentase 85,9%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) (p-ISSN: 2548-6233; e-ISSN: 2548-6241) is a peer-reviewed journal published since 2016 by the Postgraduate University of Mataram. The Journal of Educational Administration Practitioners is an integrated media for continuous communication with important ...