JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 8 No. 1 (2024)

Pola Pengelolaan Dana Operasional Sekolah (BOS) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat

Bohari Bohari (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram.)
Asrin Asrin (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Mataram, Indonesia.)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah di SMP Negeri 1 Lingsar Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskrptif, teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam pengelolaan Dana Operasional Sekolah terdapat beberapa tahapan dan proses yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan,dan pengawasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pola pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menggunakan pola alternatif lebih cenderung dipersepsi positif dalam upaya menerapkan prinsip transparan dan akuntabilitas, karena semua guru mempunyai kesempatan ikut terlibat dalam pengelolaan Dana BOS tersebut, pengelolaan dana bos sudah berjalan cukup baik karena adanya perencanaan dengan penyusunan RKAS yang melibatkan semua unsur baik Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah, kesesuaian aturan dan petunjuk teknis penggunaan dan pelaksanaan dana BOS dengan realisasinya, serta pelaksanaan pengawasan oleh kepala sekolah dan pelaporan pertanggung jawaban penggunaan Dana BOS kepada Sekolah, kota/kabupaten dan pemerintah pusat yang tepat waktu. Ini menunjukkan bahwa sekolah telah melaksanakan proses pengelolaan Dana BOS sesuai dengan aturan pemerintah atau petunjuk teknis dalam pengelolaanya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan) (p-ISSN: 2548-6233; e-ISSN: 2548-6241) is a peer-reviewed journal published since 2016 by the Postgraduate University of Mataram. The Journal of Educational Administration Practitioners is an integrated media for continuous communication with important ...