Supervisi klinik bidang pembelajaran merupakan kegiatan strategis yang dilakukan kepala sekolah terhadap para guru di lingkungannya. Bagi guru, kegiatan ini sangat bermanfaat karena dapat mengamati langsung prosedur pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah. Bagi kepala sekolah, kegiatan ini bermanfaat untuk memenuhi tugas dan fungsi kepala sekolah sebagai supervisor. Supervisi klinik berbentuk pembelajaran membaca permulaan berbasis bahan ajar alternatif di semester ganjil 2021-2022 kelas 1 SD Negeri 020 Pancur, Kecamatan Keritang, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Sasaran utama pembelajaran untuk supervisi guru tentang cara meningkatkan membaca permulaan melalui LKPD. Subjek berjumlah 11 siswa yang belum mampu membaca kata dasar berfonem rangkap dan 2 orang guru kelas 1 yang sekaligus bertindak sebagai observer. Instrumen penelitian: 1) tes esai membaca permulaan; 2) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran; 3) kuesioner pernyataan guru tentang pemahaman mereka untuk melaksanakan pembelajaran berbasis bahan ajar alternatif. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan dalam pembelajaran konvensional di bulan Oktober 2021 untuk 6 kali pertemuan. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian memperlihatkan: 1) para guru kelas 1 menyatakan dapat mengikuti prosedur mengajar untuk kegiatan inti seperti yang diperagakan oleh kepala sekolah; 2) empat dari 11 orang siswa (36,36 persen) tuntas membaca permulaan pada siklus I dan 36,36 persen juga untuk siklus II melalui LKPD.
Copyrights © 2022