Penelitian tindakan kelas ini memiliki 2 tujuan. Pertama, mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca permulaan yang menggunakan bahan ajar alternatif di kelas 1 SD Negeri 013 Tembilahan Hilir. Kedua, mendeskripsikan angka peningkatan ketuntasan membaca permulaan melalui pembelajaran yang menggunakan bahan ajar alternatif di kelas 1 SD Negeri 013 Tembilahan Hilir. Penelitian ini dilakukan di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 di SD Negeri 013 Tembilahan Hilir, Indragiri Hilir, Riau. Subjek penelitian sebanyak 9 siswa kelas 1 SD. Instrumen penelitian: 1) RPP; 2) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa; 3) tes objektif membaca permulaan. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Data dikumpulkan di bulan Oktober 2021 dalam pembelajaran konvensional dengan kelas kecil karena mengikuti protokol Covid-19. Analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif yakni prosedur persen. Data proses pembelajaran dianalisis secara tematik. Pertama, dijumpai pembelajaran 2 siklus. Siklus I dilaksanakan untuk 3 kali pertemuan sedangkan siklus II hanya berlangsung 2 pertemuan. Penggunaan bahan ajar alternatif terfokus kepada pendekatan individual. Kedua, besaran peningkatan ketuntasan hanya 3 orang (33,33 persen) di siklus I dan 5 orang (55,55 persen) di siklus II. Di akhir siklus II masih menyisakan seorang siswa (11,11 persen) yang belum mencapai KKM 80,00 persen.
Copyrights © 2022