Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas teknik substitusi numerik dalam pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Senayang, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Penelitian berlangsung di semester ganjil 2021/2022. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen, kelas IPS berjumlah 18 orang sebagai kelompok perlakuan dan kelas IPA sebanyak 18 oang sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian mencakup: LKPD yang berisi teknik numerik untuk pembelajaran menulis paragraf prosedur, RPP untuk pembelajaran keterampilan menulis paragraf prosedur, dan instrumen tes menulis paragraf prosedur. Pembelajaran pada kelompok kontrol menggunakan teknik konvensional yakni memanfaatkan materi keterampilan menulis yang termuat di dalam BSE Bahasa Indonesia Kelas XI. Pertemuan di setiap kelompok sebanyak 2 kali yakni 2 x 45 untuk pertemuan reguler dan 2 x 45 menit lainnya unuk pertemuan repetisi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan teknik substitusi dalam pembelajaran menulis paragraf prosedur dinyatakan efektif. Hasil prates keterampilan menulis paragraf prosedur berkategori rendah. Hasil postes keterampilan menulis paragraf prosedur berkategori sedang untuk kelompok kontrol, tetapi berkategori tinggi untuk kelomppok eksperimen.
Copyrights © 2022