Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 2 (2022): Maret 2022

Upaya Meningkatkan Interpretasi Teks Drama melalui Pendekatan Konstruktivisme Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga, Kolaka

Kadirun (Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sembilan November, Sulawesi Tengah, Indonesia)
Hartiwiyanti Ismail (SMP Negeri 5 Watubangga, Sulawesi Tengah, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan interpretasi drama melalui pendekatan konstruktivisme bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Watubangga, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara. Subjek penelitian sebanyak 14 siswa. Mereka belum tuntas dalam aspek interpretasi teks drama untuk pembelajaran reguler dari 21 siswa. Instrumen yang memenuhi syarat validitas ini dalam penelitian mencakup: (1) tes formatif tentang interpretasi teks drama satu babak; (2) pedoman observasi kegiatan guru dan kegiatan siswa dalam pembelajaran berpendekatan konstruktivisme. Perangkat lainnya: (1) LKPD yang berisi materi dan proses kegiatan belajar-mengajar interpretasi teks drama berpendekatan konstruktivisme; (2) RPP pembelajaran interpretasi teks drama satu babak yang mengacu kepada LKPD. Data interpretasi teks drama dianalisis secara tematik sesuai dengan unsur intrinsik yang membangun teks drama. Data kegiatan belajar-mengajar pun dianalisis secara tematik yang didasari kepada RPP. Data ketutnasan hasil belajar interpretasi teks drama dinalaisis secara statistik deskriptif yakni prosedur rata-rata hitung dan persen. Pada siklus I ditemukan 8 dari 14 siswa (42,86 persen) tuntas dalam pembelajaran. Pada siklus 2, semua siswa yang belum tuntas pada siklus 1 akhirnya mampu mencapai KKM 75,00.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...