Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 3 (2022): Mei 2022

Keefektifan Metode Model Teknik Tugas Menyalin dalam Pembelajaran Pengetahuan Menulis Artikel Ilmiah bagi Mahasiswa Baru

Welsi Damayanti (Prodi Pendididkan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Pendidikan Indonesia, Jawa Barat, Indonsia)



Article Info

Publish Date
02 May 2022

Abstract

Penelitian quasi-eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan metode model teknik tugas menyalin dalam pembelajaran pengetahuan menulis artikel ilmiah bagi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan rancangan pretest-postes satu bidikan; tanpa kelompok kontrol. Populasi berjumlah 35 dari 40 mahasiswa yang hadir saat kuliah. Sampel ditetapkan sebanyak 33 mahasiswa yang diasari atas pendapat Slavin. Untuk mengumpulkan data pengetahuan menulis artikel ilmiah digunakan teknik tes pilihan ganda pengetahuan menulis artikel ilmiah menggunakan fasilitas google form. Tes ini memenuhi syarat validitas isi. Disediakan sejenis Lembar Kegiatan Mahasiswa yang berisi materi pengetahuan prinsip menulis artikel ilmiah dan 2 contoh artikel ilmiah yang dijadikan teknik tugas menyalin bagi mahasiswa. Data pengetahuan menulis artikel ilmiah dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni prosedur uji t satu sampel untuk menjawab masalah pertama dan masalah kedua. Untuk masalah ketiga, analisis menggunakan prosedur uji t sampel berpasangan. Semua prosedur statistik dihitung menggunakan fasilitas SPSS. Nilai uji t satu sampel untuk masalah pertama sebesar -22,964 pada nilai sig. = 0,00 < p = 0,05 pada dk 32 sehingga Ho ditolak. Karenanya, ditemukan hasil prates pengetahuan menulis artikel berkategori sangat rendah. Nilai t satu sampel untuk masalah kedua sebesar 1,143 pada sig 0,262 > p = 0,05 sehingga Ho diterima. Karenanya, ditemukan hasil postes pengetahuan menulis artikel berkategori tinggi selaras dengan nilai pembanding yang tinggi. Nilai t sampel berpasangan sebesar 37,030 pada nilai sig. = 0,00 < p = 0,05 sehingga Ho ditolak. Dengan demikian, metode model teknik tugas menyalin efektif dipakai dalam pembelajaran pengetahuan menulis artikel ilmiah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...