Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan perspektif teks anekdot menurut penilaian guru Bahasa Indonesia jenjang SLTA. Melalui tujuan ini dapat diketahuai perihal teks anekdot perspektif bahasa atau teks anekdot perspektif sastra. Penelitian dilakukan di berbagai SLTA yang terdapat di sebagian kecil kota di Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Penelitian berlangsung di bulan Maret dan April 2022. Populasi penelitian adalah para guru Bahasa Indonesia jenjang SLTA. Mereka berjumlah 50 orang guru yang submit kuesioner melalui google form. Sampel ditetapkan sebanyak 45 orang yang didasari pada tabel populasi-sampel pada tingkat kepercayaan 95persen. Anggota sampel ditarik secara random sederhana tanpa pengembalian. Instrumen penelitian adalah kuesioner perspektif teks anekdotmenurut penilaian guru SLTA. Kuesioner menggunakan sistem tertutup yang disusun dengan memenuhi syarat instrumen yang valid. Data perspektif teks anekdot menurut penilaian guru SLTA dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan prosedur modus. Data perspektif teks anekdot menurut penilaian guru SLTA menurut tingkat pendidikan guru dan kelompok SLTA dianalisis secara tematik. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa guru Bahasa Indonesia jenjang SLTA menilai teks anekdot perspektif sastra. Tidak terdapat perbedaan perspektif teks anekdot menurut penilaian guru SLTA berdasarkan status kepegawaian guru, jenis kelamin guru, tingkat pendidikan guru, perihal sertifikasi pendidik, dan masa kerja guru.
Copyrights © 2022