Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 3 (2022): Mei 2022

Perbandingan antara Pengetahuan Teks Eksplanasi dan Teks Eksposisi Siswa MAN 2 Medan

Rahayu, Enny (Unknown)
Siregar, Saripah Hannum (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan antara pengetahuan teks eksplanasi dan teks eksposisi siswa MAN 2 Medan. Penelitian dilakukan di kelas X dan XI MAN 2 Medan. Penelitian berlangsung di awal semester ganjil 2021/2022. Populasi penelitian deskriptif-komparatif ini siswa kelas X dan XI MAN 2 Medan. Jumlah mereka 203 orang; mereka yang mensubmit jawaban tes via google form. Jumlah ini terbagi dari 51 siswa kelas X dan 152 siswa kelas XI. Sampel dipilih secara random sederhana dengan teknik tanpa pengembalian. Sampel berjumlah 135 terbagi kelas X sebanyak 34 siswa dan kelas XI sebanyak 101 siswa. Untuk mengumpulkan data pengetahuan teks eksplanasi digunakan tes pengetahuan teks eksplanasi untuk siswa MAN 2 Medan. Untuk memperoleh data pengetahuan teks eksposisi per kelas digunakan pula tes eksposisi berbentuk pilihan ganda. Setiap jenis data per kelas yang dikumpulkan melalui instrumen tes itu diolah secara statistik inferensial parametrik yakni uji t atu sampel. Data perbandingan antara dua variabel itu dianalisis secara statistik inferensial parametrik yakni uji Anova searah. Pertama, ditemukan bahwa pengetahuan teks prosedur siswa MAN 2 Medan berkategori tinggi dan tidak terdapat perbedaan kategori per kelas. Kedua, ditemukan bahwa pengetahuan teks eksposisi siswa MAN 2 Medan berkategori tinggi dan tidak terdapat perbedaan kategori per kelas. Ketiga, tidak terdapat pengetahuan teks eksplanasi per kelas per gender dan tidak terdapat perbedaan pengetahuan teks eksposisi per kelas per gender.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...