Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 5 (2022): September 2022

Peringkat Cerita Rakyat ‘Patahnya Gunung Daik: Kumpulan Cerita Rakyat Kepulauan Riau’ menurut Persepsi Siswa SMA

Andi Afriza (SMA Negeri 12 Pekanbaru, Riau, Indonesia)
Muhammad Zulfadhli (Prodi Teknik Industri, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya, DKI Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2022

Abstract

Adalah 5 di antara 19 judul cerita dalam buku kumpulan cerita rakyat Patahnya Gunung Daik yakni: 1) Terjadinya Gunung Daik; 2) Bakau dan Perepat; 3) Apek Weng Thai; 4) Pak Dayu; 5) Batin Mabot. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peringkat 5 cerita rakyat dalam buku kumpulan cerita rakyat menurut persepsi siswa SMA. Penelitian dilakukan di kelas XI SMA Negeri 12 Pekanbaru pada awal semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian 22 siswa yang mengisi dan menyerahkan kuesioner. Sampel dipilih secara random sederhana dengan jumlah 21 siswa. Penelitian menggunakan kuesioner manual yang memenuhi syarat validitas isi. Data peringkat 5 cerita rakyat dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Prinsip yang digunakan adalah modus dan persen. Temuan pertama penelitian bahwa cerita rakyat ‘Batin Mabot’ menempati peringkat ke-1 di antara 5 cerita rakyat. Temuan kedua penelitian bahwa cerita rakyat ‘Pak Dayu’ menempati peringkat ke-2 di antara 5 cerita rakyat. Temuan ketiga penelitian bahwa cerita rakyat ‘Apek Weng Thai’ menempati peringkat ke-3 di antara 5 cerita rakyat. Temuan keempat penelitian bahwa cerita rakyat ‘Terjadinya Gunung Daik’ menempati peringkat ke-4 di antara 5 cerita rakyat. Temuan kelima penelitian bahwa cerita rakyat ‘Bakau dan Perepat’ menempati peringkat ke-5 di antara 5 cerita rakyat.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...