Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 1 No. 6 (2022): November 2022

Bimbingan Penyusunan Tes Keterampilan Membaca sebagai Teknik Pembelajaran: Supervisi Klinik Pengawas Sekolah terhadap Guru SD

Elma (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Nov 2022

Abstract

Penelitian tindakan sekolah ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) proses penyusunan tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran melalui supervisi klinik pengawas sekolah; 2) profil tes keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran; 3) pernyataan guru peserta kegiatan tentang kepuasan dalam kegiatan supervisi klinik pengawas. Kegiatan supervisi klinik dilakukan di SD Negeri 011 se-Kecamatan Batang Tuaka pada awal semester ganjil 2022/2023. Subjek penelitian adalah 15 guru kelas tinggi SD Negeri di Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau. Mereka berasal dari 9 SD binaan. Instrumen penelitian: 1) lembar kegiatan guru (LKG); 2) kuesioner respon guru dalam kegiatan supervisi klinik pengawas. Semua instrumen memenuhi syarat validitas isi. Kegiatan berlangsung selama 1 x 8 jam. Analisis data dilakukan secara tematik untuk rumusan masalah pertama dan rumusan masalah kedua sedangkan untuk rumusan masalah ketiga dinalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif. Hasil penelitian tindakan pengawas: 1) proses penyusunan tes pilihan keterampilan membaca melalui supervisi klinik pengawas; 2) perangkat tes pilihan keterampilan membaca sebagai teknik pembelajaran; 3) semua guru kelas tinggi SD se-Kecamatan Reteh merespon sangat puas terhadap pelaksanaan kegiatan supervisi klinik pengawas SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...