Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra
Vol. 2 No. 4 (2023): Juli 2023

Peribahasa Favorit menurut Perspektif Pemaknaan Objektif Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Sintang

Winarti, Astuti (Unknown)
Razak, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

ujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif atas 13 peribahasa yang tersedia; 2) sama-tidaknya peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 3 Sintang. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada pertengahan semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi berjumlah 47 siswa yakni mereka yang mengisi dan submit google form. Jumlah ini terbagi dari 24 siswa kelas XI IPA-1 dan 23 siswa kelas XI IPA-2. Sampel ditetapkan sebanyak 43 siswa; 22 siswa kelas XI IPA-1 dan 21 siswa kelas XI IPA-2 yang dipilih secara random sederhana tanpa pengembalian. Untuk mengumpulkan data peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif digunakan instrumen tes berbentuk uraian melalui fasilitas google form file upload yang disebarkan kepada seluruh siswa untuk siswa kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2. Data peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif yakni untuk menjawab rumusan masalah-1 dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif yakni mean hitung. Untuk menjawab rumusan masalah-2 dianalisis secara komparatif antara mean sampel kelas XI IPA-1 dan kelas XI IPA-2. Hasil penelitian; 1) peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif adalah peribahasa ‘jika takut dilanda ombak, jangan berumah di tepi pantai’ karena memperoleh mean tertinggi yakni 74,85; 2) tidak terdapat perbedaan peribahasa favorit menurut perspektif pemaknaan objektif menurut kelompok sampel.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal PEMBAHAS (Pembelajaran Bahasa dan Sastra) [p-ISSN 2809-5367][e-ISSN: 2809-6355] has the aim to develop and disseminate science and technology through scientific articles on the results of research and study of concepts or theories in an effort to enrich the scientific realm in the field of ...