Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif; 2) sama-tidaknya keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif per kelompok sampel. Penelitian dilaksanakan di MTs Masmur, Pekanbaru di awal semester ganjil 2023/2024. Populasi penelitian adalah para siswa kelas 7 yang mengikuti pembelajaran keterampilan menemukan gagasan teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif. Mereka berjumlah 53 siswa yang terdiri atas 26 siswa kelas 7-1 dan 27 siswa kelas 7-2. Sampel ditetapkan sebanyak 49 siswa yang ditarik secara random sederhana dari setiap kelompok populasi dengan sistem tanpa pengembalian. Jumlah ini terbagi dari 24 siswa kelas 7-1 dan 25 siswa kelas 7-2. LKPD kreatif sebagai bahan dan media pembelajaran berisi 5 fase pembelajaran; khusus untuk fase-3 yakni fase rekonstruksi gagasan berisi tunjuk-ajar tentang cara menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi. Untuk mengumpulkan data keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif digunakan tes pilihan ganda yang disusun secara objektif yang memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data dianalisis melalui prosedur statistik inferensial parametrik uji t satu sampel dan uji t sampel independen. Hasil penelitian: 1) keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif mencapai mean 6,59 (73,24 persen); 2) tidak terdapat perbedaan keterampilan menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung teks deskripsi menggunakan pendekatan konstruktivisme dalam LKPD kreatif.
Copyrights © 2023