Abstrak Sehubungan dengan terjadinya globalisasi, kemampuan dwibahasa atau bilingual menjadi sesuatu yang umum terjadi. Masa anak-anak merupakan masa di mana dapat terjadi perkembangan secara pesat, yang berkaitan juga dengan perkembangan kemampuan sosial dan kemampuan dwibahasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan sosial yang terjadi pada anak bilingual serta bagaimana faktor yang mempengaruhi dan bagaimana pemaksimalan potensi bilingual dapat dilakukan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur atau studi pustaka dari berbagai sumber dan temuan di internet. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usia dini merupakan masa emas bagi perkembangan bilingual bagi anak dan terdapat berbagai metode yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan potensi tersebut. AbstractDue to globalization, bilingual skills are common. Childhood is a period when rapid development can occur, which is also related to the development of social skills and bilingual abilities. This study aims to see how social development occurs in bilingual children and how the factors influence it and how bilingual potential can be maximized. The research was conducted using the method of literature study or literature study from various sources and findings on the internet. The results of this study indicate that early childhood is a golden period for bilingual development for children and there are various methods that can be used to maximize this potential.
Copyrights © 2022