Penelitian ini bertujuan untuk mendekonstruk model text dan memfasilitasi siswa untuk mengkonstruk makna dengan menggunakan multimodaliti. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan yang terakhir tahap monitoring dan evaluasi. Simulasi kegiatan pembelajaran dengan multimodal ini mendapatkan respon positif dari para guru dan siswa. Menurut para guru simulasi ini memberikan mereka inspirasi dalam melakukan proses pembelajaran mutimodaliti berdasarkan GBA. Para guru yang selama ini merasakan kesulitan bagaimana mengajak siswa SMP untuk membuat kalimat dalam Bahasa Inggris mendapatkan cara yang cukup efektif melalui simulasi ini yaitu dengan memberi mereka contoh kalimat untuk ditiru dan memberi mereka hands on activity dimana siswa bisa kata-kata untuk menjadi kalimat atau Menyusun kalimat untuk menjadi cerita. Untuk para siswa, simulasi kegiatan pembelajaran ini merupakan kegiatan baru untuk mereka dimana mereka tidak harus selalu belajar didepan meja tetapi bisa bergerak mengelilingi ruangan dan menyusun kertas -kertas alih alih menulis kalimat dalam bahasa Inggris. Secara keseluruhan, kegiatan simulasi pembeljaran multimodality ini membantu guru dalam mengajar bahasa Inggris dan membantu siswa belajar menulis bahasa Inggris.
Copyrights © 2023