Jurnal Aksara Raga
Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Pengabdian Aksara Raga

Optimalisasi Pemahaman Physical Literacy Dan Penggunaan Instrumen Pl-C Quest Pada Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Friskawati, Gita (Unknown)
Rizal Ahmad Maulana (Unknown)
Kolbi Setra (Unknown)
Siti Halimah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Physical literacy merupakan sebuah konsep baru di dunia pendidikan jasmani. Physical literacy sangat penting dikembangan dan diukur pada masa anak usia dini untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak secara holistik. Kegiatan ini fokus pada optimalisasi pemahaman mengenai pentingnya physical literacy dan pengukurannya menggunakan instrumen PL-C Quest bagi anak pendidikan usia dini. Metode pelatihan yang digunakan melibatkan ceramah, demonstrasi dan diskusi. Kegiatan diikuti oleh enam orang guru pendidikan anak usia dini di TK Negeri Pembina Cimahi beserta satu orang kepala sekolahnya. Hasil penelitian menunjukkan adanya pemahaman dan kesiapan guru dalam menerapkan pengukuran physical literacy menggunakan instrumen PL-C Quest. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran dan kemampuan guru dalam memahami konsep dan pentingnya physical literacy di lingkungan pendidikan anak usia dini, terutama bagi anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembanyannya secara holistik. Kesimpulan dari penelitian ini menekankan pentingnya pelatihan dan sosialisasi dalam implementasi pembelajaran aktivitas fisik untuk mendukung physical ligteracy dan pengukuran yang tepat bagi anak menggunakan PL-C Quest.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

aksaraga

Publisher

Subject

Education Health Professions Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Aksara Raga, jurnal Pengabdian pada Masyarakat terbitan STKIP Pasundan Cimahi, yang berdiri pada tahun 2019. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil-hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam lingkup pendidikan, yang berkualitas tinggi untuk mendukung terlaksananya Tridharma ...