Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya
Vol. 1 No. 4 (2022): Desember: Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya

Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matriks Pada Kelas XI SMA Negeri 2 Tondano

Dollydia Mart Sasauw (Unknown)
James U. L. Mangobi (Unknown)
Vivian E. Regar (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matriks pada kelas XI SMA Negeri 2 Tondano di mulai dari yang berkemampuan tinggi, berkemampuan sedang, dan berkemampuan rendah di lihat berdasarkan kesalahan konsep, prinsip dan operasi sebagai acuan belajar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menggunakan metode Triangulasi di mana instrumen utamanya adalah peneliti itu sendiri di sertai dengan instrumen pelengkap yang terdiri dari (tes 3 butir soal dan wawancara). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tondano, yang berada di Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA dan telah mempelajari materi matriks. Dari penelitian ini, diperoleh hasil yaitu siswa yang berkemampuan tinggi (T) hanya memiliki tingkat kesalahan yang kecil berupa kesalahan operasi pada 1 soal saja (kurang teliti), siswa yang berkemampuan sedang (S) memiliki kesalahan konsep dan prinsip sedangkan siswa yang berkemampuan rendah (R) memiliki banyak kesalahan konsep, prinsip dan juga operasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpbb

Publisher

Subject

Education

Description

jpbb adalah jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya. Kaitannya dengan jurnal ini, tidak lain adalah mengambil makna filosofis kebesaran burung enggang agar jurnal pendidikan, bahasa, sastra, seni, dan budaya ini, nantinya menjadi besar yang akan dikenal secara lokal, nasional, dan ...