MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Vol. 2 No. 1 (2024): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Maret 2024

Analisis Penerapan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di Sekolah

Darmadi (Unknown)
Rifai, Muh. (Unknown)
Rositasari, Fitri (Unknown)
Haryati, Nanik (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) telah banyak dilakukan, namun peningkatan kualitas pembelajaran dan pendidikan kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengalisis penerapan PTK di sekolah. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan subjek 10 mahasiswa PPG dalam jabatan pendidikan matematika Universitas PGRI Madiun. Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap RPP dan video pembelajaran. Triangulasi teknik digunakan untuk memvalidasi data. Data valid dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan hasil penelitian. Penerapan PTK di sekolah sudah melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Namun karena kurang paham dan kurang pengalaman, subjek menerapkan PTK dengan tidak optimal. Diawali dari rasa takut salah dan kurang percaya diri, subjek kurang baik dalam perencanaan dan pelaksanaan model pembelajaran terpilih. Bahkan, beberapa subjek menyatakan bahwa siklus kedua adalah remidi dari siklus pertama. Guru perlu untuk lebih memahami konsep PTK dan inovasi-inovasi pembelajaran. Setelah paham, guru perlu untuk mencoba menerapkan di kelas atau sekolahnya masing-masing.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

maras

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, ...