Penerapan penelitian tindakan kelas (PTK) telah banyak dilakukan, namun peningkatan kualitas pembelajaran dan pendidikan kurang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengalisis penerapan PTK di sekolah. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan subjek 10 mahasiswa PPG dalam jabatan pendidikan matematika Universitas PGRI Madiun. Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi terhadap RPP dan video pembelajaran. Triangulasi teknik digunakan untuk memvalidasi data. Data valid dianalisis sehingga diperoleh kesimpulan hasil penelitian. Penerapan PTK di sekolah sudah melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Namun karena kurang paham dan kurang pengalaman, subjek menerapkan PTK dengan tidak optimal. Diawali dari rasa takut salah dan kurang percaya diri, subjek kurang baik dalam perencanaan dan pelaksanaan model pembelajaran terpilih. Bahkan, beberapa subjek menyatakan bahwa siklus kedua adalah remidi dari siklus pertama. Guru perlu untuk lebih memahami konsep PTK dan inovasi-inovasi pembelajaran. Setelah paham, guru perlu untuk mencoba menerapkan di kelas atau sekolahnya masing-masing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024