cover
Contact Name
Frizqa Ervina
Contact Email
jurnal.maras@gmail.com
Phone
+6281918012232
Journal Mail Official
jurnal.maras@gmail.com
Editorial Address
Lumbung Pare Cendekia Jl. Raya Praya-Mantang KM.07 Aik Mual, Lombok Tengah - NTB 83511 email : jurnal.maras@gmail.com
Location
Kab. lombok tengah,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisplin
Published by Lumbung Pare Cendekia
ISSN : 2987811x     EISSN : 2987811x     DOI : https://doi.org/10.60126/maras
MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published four issue a year, every month with online version of E-ISSN: 2987-811X. MARAS provides a platform for researchers, academics, professionals, practitioners and students to embed and share knowledge in the form of empirical and theoretical research papers, case studies, literature reviews and book reviews related to multidisciplinary research. MARAS welcomes and recognizes high quality theoretical and empirical research papers, case studies, review papers, literature reviews, book reviews, conceptual frameworks, analysis and simulation models, technical notes related to research from researchers, academics, professionals, practitioners, and students.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 483 Documents
PENCEGAHAN PEKERJA MIGRAN INDONESIA (PMI) ILEGAL Skaut, Verawati; Triputro, Widodo
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i1.1

Abstract

Tingkat pendidikan yang rendah menjadi pemicu berkembangnya minat untuk menjadi PMI ilegal karena menjadi PMI adalah jalan yang tepat dan tidak terlalu mencakup pada tingginya pendidikan. Kabupaten Kupang sendiri merupakan daerah penyumbang PMI terbanyak di NTT yaitu 131 jiwa. Kondisi penduduk di Kabupaten Kupang sendiri yang kemiskinannya semakin meningkat dalam jangka waktu tiga tahun terakhir dari 88,67 jiwa hingga 92,02 jiwa dengan pengangguran sebanyak 94,94 jiwa. Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti tentang Pencegahan PMI ilegal. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini tergolong pada penelitian yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, tahap penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa berbagai upaya pencegahan PMI Ilegal telah dilakukan oleh Disnakertrans Kabupaten Kupang, antara lain: Melakukan pengecekan ulang dokumen persyaratan menjadi PMI; Melakukan sosialisasi ke kecamatan-kecamatan di Kabupaten Kupang; Kerjasama dengan instansi lain yang tergabung dalam satgas pencegahan PMI; Melakukan monitoring ke BLT dan PT Perekrut PMI; Mengadakan pelatihan untuk peningkatan SDM. Dalam pelaksanaannya, Disnakertrans Kabupaten Kupang telah berupaya melakukan pencegahan dengan baik  sebelum, selama dan sesudah proses keberangkatan menjadi PMI.
ANALISIS JIWA KEWIRAUSAHAAN PEMIMPIN, GAYA PARTISIPASI PARA ANGGOTA, DAN MODEL MANAJEMEN KOPERASI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KOPERASI Asidah, Erwin
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i1.2

Abstract

Data pertumbuhan usaha koperasi menunjukkan bahwa kinerja koperasi yang ditunjukkan oleh volume usaha dan laba bersih mengalami penurunan selama tahun 2008-2010. Berbagai   penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja bisnis yang berhasil adalah kewirausahaan, partisipasi anggota, dan pengurus koperasi. Berdasarkan fenomena empiris yang ditemukan di lapangan penelitian ini maka rumusan masalah penelitian yang dirumuskan disini adalah “Bagaimana cara meningkatkan kinerja Koperasi Berbagai Usaha di KOTA MATARAM” Untuk menjawab masalah penelitian ini digunakan pendekatan dengan tiga variabel penelitian yaitu kewirausahaan, partisipasi anggota, dan pengelolaan koperasi. Pengujian pengaruh masing-masing variabel dilakukan dengan menggunakan Uji Regresi Berganda pada pengumpulan data yang diperoleh melalui wawancara menggunakan kuesioner kepada 74 pengurus koperasi di Kota Mataram. Hasil uji regresi terhadap variabel penelitian menemukan bahwa kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap kinerja Koperasi Aneka Usaha di Kota Mataram, partisipasi anggota berpengaruh signifikan terhadap kinerja Koperasi Aneka Usaha di Kota Mataram, dan pengurus koperasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja Koperasi Usaha Milik Berbagai Usaha.
LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI ALAT UKUR KINERJA PADA KEUANGAN PERUSAHAAN PT INDONESIA TBK Ambarwati, Sri
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i1.3

Abstract

Laporan keuangan yang diberikan oleh perusahaan merupakan gambaran alat ukur kinerja perusahaan yang dapat diketahui kekuatan dan kelemahan dari perusahaan tersebut. Melalui penelitian ini dilakukan untuk mengerti bagaimana tingkat pengaruh laporan keuangan sebagai alat ukur kinerja pada keuangan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan PT Indonesia Tbk, sehingga diperoleh hasil penelitian yaitu. Parameter yang sering digunakan untuk melakukan penilaian terhadap kinerja suatu perusahaan adalah dengan menggunakan pendekatan keuangan atau sumber laporan keuangan lainnya.
ANALISIS PROBLEMATIKA NILAI KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR Makrifah, Arin Nurul; Ciptaningsih, Ciptaningsih
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i1.4

Abstract

Pendidikan pada dewasa ini lebih banyak menghasilkan kecerdasan intelektual saja, terlihat dari semakin berkurangnya empati dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga perlu dikembangkan pendidikan karakter yang diharapkan mampu mengembangkan kemampuan siswa, sehingga kelak mereka bisa menjadi manusia yang bertaqwa, jujur, adil, tanggung jawab, disiplin, kreatif, dan mampu bekerja sama. Tujuan pendidikan karakter tertuang dalam muatan lokal Bahasa Jawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan pendidikan karakter, jenis nilai-nilai karakter yang terdapat dalam pembelajaran Bahasa Jawa dan faktor-faktor yang menghambat pelaksanaan pembelajaran Bahasa Jawa dalam pengembangan karakter siswa. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sebagai sumber data, dipilih peserta didik kelas V di SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar, tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 siswa, guru Bahasa Jawa kelas V dan kepala sekolah SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Selanjutnya data hasil penelitian ini menjelaskan perencanaan yang dilakukan oleh guru, proses pembelajaran dan  evaluasi pembelajaran serta hasil kuesioner oleh siswa dianalisis melalui tahap penyajian data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memaparkan (1) pembelajaran Bahasa Jawa diawali dengan menyanyikan “lagu dolanan”, pada inti pembelajaran siswa belajar dengan cara membaca dan memahami materi sehingga peserta didik dapat mengambil teladan dari cerita untuk diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. (2) Nilai-nilai karakter pada siswa dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SDN Tanjungsari 1 Kota Blitar terdapat 5 nilai karakter, yaitu religius, jujur, disiplin, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab. (3) Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Jawa adalah kurangnya pemahaman siswa tentang kosakata Bahasa Jawa dan siswa belum terbiasa menggunakan Bahasa Jawa yang baik dan benar sesuai kaidah.
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM UPAYA PEMANFAATAN SAMPAH PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN (STUDI PADA ANGGOTA POKDA DI DESA UJUNG PIRING, BANGKALAN) Hananah, Hananah; Anshori, Mochammad Isa
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i1.5

Abstract

Tujuan Penelitian mendeskripsikan pemberdayaan masyarakat usaha meningkatkan pendapatan masyarakat bersama Anggota Pokda dengan menumpulkan, mengubahnya dengan barang kreatifitas yang dimana banyak manfaat dan menukarkan sampah plastik, kegiatan tersebut menjadikan peluang pekerjaan dan memberikan tambahan penghasilan kepada  masyarakat Di Desa Ujung Piring, Bangkalan dengan jumlah penduduk 1.768 jiwa dengan rincian 900 laki-laki dan 868 perempuan. Disisi lain masyarakat desa ujung piring bekerja sebagai petani.  Metode yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer yaitu wawancara, observasi. Hasil menunjukkan bahwa Desa Ujung Piring, Bangkalan sebelumnya memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang melimpah, namun dengan minimnya pendapatan yang rendah mengakibatkan sumber daya manusia di desa ujung piring juga menurun . Kegiatan penelitian menjelaskan mengenai Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Sampah Plastik Untuk meningkatkan pendapatan pada Anggota Pokda di Desa Ujung Piring, Bangkalan ini mampu memberikan perubahan yang signifikan terhadap lingkungan. Hal tersebut karena masyarakat Desa Ujung Piring, Bangkalan di awali dengan mendapat bekal ilmu pengetahuan tentang pemanfaatan limbah plastik menjadi bahan kerajinan guna menambah keterampilan masyarakat untuk dapat menjadikan sumber penghasilan masyarakat terutama pada anggota Pokda Desa Ujung Piring, Bangkalan. Kegiatan pemberdayaan meliputi warga sekitar melalui warga pendampingan, mulai dari tahapan design pembuatan dan pemasaran pada produk kerajinan. Selain desain dan pembuatan lalu melalui tahapan pemasaran, dengan produk kerajinan tersebut Anggota Pokda dan masyarakat Desa Ujung Piring Bangkalan bisa memasarkan secara langsung dan secara online.
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN COVID-19 DENGAN MOTIVASI BERHENTI MEROKOK PADA MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ACEH Muammar, Ariq; Waraztuty, Ika; Inggriyani, Cut Gina; Liansyah, Tita Menawati; Amirsyah, Mirfandi
MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 1 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, Juni 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i1.23

Abstract

Merokok merupakan salah satu faktor risiko utama penyebab penyakit saluran pernapasan termasuk COVID-19. Perokok aktif memiliki faktor risiko tertular dan tingkat mortalitas yang lebih tinggi pada kasus COVID-19 dibandingkan seseorang yang tidak merokok. Secara teori pengetahuan dan sikap seseorang dapat langsung memengaruhi bagaimana individu tersebut berperilaku termasuk dalam perilaku kesehatan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan COVID-19 dengan motivasi berhenti merokok pada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 75 responden yang ditentukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 1 November hingga 30 Desember 2021 dengan membagikan kuesioner penelitian melalui google form. Analisis statistik yang digunakan adalah Uji Korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 81,3% responden memiliki pengetahuan baik tentang COVID-19 dan 26,7% responden memiliki motivasi berhenti merokok pada tahap contemplation. Hasil uji statistik menunjukkan p value = 0,000 (p value < 0,005) dan nilai koefisien korelasi (r = 0,511), hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dengan korelasi sedang antara tingkat pengetahuan tentang COVID-19 dengan motivasi berhenti merokok pada mahasiswa Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Aceh.
PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA MENULIS BAHASA INGGRIS DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS Marita Uswatun Khasanah; Dias Andris Susanto; Dwi Budi Rahayu
MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i2.24

Abstract

Menurut penulis, materi menulis atau kemampuan menulis sangat dibutuhkan di dunia perkuliahan atau pekerjaan adalah karena banyak materi atau kebutuhan yang berkaitan dengan materi menulis, seperti ketika menulis untuk membuat surat, pengumuman,  atau keperluan lainnya di dunia perkuliahan. Penelitian berjudul “ Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis bahasa Inggris Explanation Text Dengan Metode Explanation Text “ ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi. Dengan menggunakan metode problem based learning peneliti berharap kemampuan siswa dalam menulis teks eksplanasi mengalami peningkatan. Alasan penulis menggunakan metode problem based learning daripada metode lain adalah karena menurut penulis metode problem based leraning adalah metode yang cocok dengan materi teks eksplanasi karena dapat dikaitkan dengan problem atau permasalahan yang ada di lingkungan kehidupan sehari hari. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini diperoleh hasil rata-rata pada siklus I dengan nilai 78,25 dan data rata-rata pada siklus II adalah 92,25. Angka dari penelitian menunjukkan adanya selisih yang signifikan dan menunjukkan peningkatan. Dari hasil yang ditemukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat peningkatan dari siklus I ke Siklus II. Dengan adanya peningkatan tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa penelitian ini menunjukkan bahwa metode penelitian problem based learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis explanation text.
EMPOWERING ENGLISH LANGUAGE LEARNING THROUGH SOCIAL LEARNING STRATEGIES IN VOCATIONAL SCHOOL Eleonora Arista Dio Pramesti; Dias Andris Susanto
MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i2.25

Abstract

This study aims to investigate students' perceptions of Social Learning Strategy (SLS) in empowering various English as a Foreign Language (EFL) language skills in SMK N 6 Semarang. A descriptive qualitative method was used with a questionnaire survey to collect data from 35 students from SMK N 6 Semarang who completed the first nine items of the Strategy Inventory for Language Learning (SILL) questionnaire and a background characteristics survey. The study's findings indicate that how English is used in practice affects how well it is learned. The findings showed a connection between using social strategies and effectively learning English. The most commonly used social strategies are to mix Indonesian and English words if students do not know the English word or practice English with the English teacher and classmates.
THE IMPLEMENTATION OF SOCIAL LEARNING STRATEGY FOR LEARNING ENGLISH FOREIGN LANGUAGE IN VOCATIONAL HIGH SCHOOL Wildan Munirul Faqih; Dias Andris Susanto; Minumi Wening Budi Nurani
MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i2.26

Abstract

This study aims to investigate students' perceptions of Sosial Learning Strategies in improving various English as a Foreign Language (EFL) language skills in SMK N 4 Semarang. A descriptive qualitative method was used with a questionnaire survey to collect data from 66 students of SMK N 4 Semarang who completed the 4 items of the Strategy Inventory for Language Learning (SILL) questionnaire and a Background Characteristics survey. The study's findings indicate that how English is used in practice affects how well it is learned. The findings showed a connection between using social strategies and effectively learning English. The most commonly used social strategies are “I review English lessons with my closest friends”.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EXPLANATION PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 6 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Anggun Rosemala Sari; Dias Andris Susanto; Dwi Budi Rahayu
MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin Vol. 1 No. 2 (2023): MARAS : Jurnal Penelitian Multidisiplin, September 2023
Publisher : Lumbung Pare Cendekia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.60126/maras.v1i2.27

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan keterampilan peserta didik dalam menulis teks eksplanasi di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 6 Semarang semester 2 Tahun Pelajaran 2022-2023 sebagai hasil penggunaan Media Picture. Penelitian ini juga digunakan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan teknik siklus yang terdiri dari dua tindakan siklus yaitu siklus 1 dan siklus 2. Alat pengumpulan data yang digunakan untuk data kuantitatif berupa tes tertulis hasil karya peserta didik dan data kualitatif digunakan lembar observasi atau pengamatan. Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan media picture dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi. Capaian ketuntasan belajar peserta didik meningkat mulai dari dilaksanakannya siklus I yaitu sebesar 61,11%, sedangkan pada pra-siklus capaian ketuntasan belajar hanya 11,11%. Pada siklus II capaian ketuntasan belajar dapat melampaui 75% yaitu sebesar 77,78%.

Page 1 of 49 | Total Record : 483