Observasi awal peneliti menemukan terjadi penurunan jumlah kunjungan pasien rawatan kebidanan di RSUD Mohammad Nasir Solok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran strategi internal dalam meningkatkan kunjungan pasien rawatan kebidanan di RSUD Mohammad Natsir Solok melalui faktor operasional, pemasaran, keuangan, dan SDM. Penelitian ini dilaksanakan pada 26 April-1 Mei 2023. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian berjumlah lima orang. Metode pengumpulan data yang digunakan berdasarkan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa strategi internal rawatan kebidanan memiliki kekuatan yang terdiri atas pusat rujukan, lokasi yang strategis, saran prasaran yang lengkap, pelayanan kesehatan berdasarkan SOP, bekerja sama dengan BPJS, dan teknik pemasaran 4p (Product, Price, Place, dan Promotion) yang sudah cukup optimal. Sedangkan dari segi kelemahanya yaitu belum memiliki visi, misi dan tujuan khusus instalasi, adanya system rujukan berjenjang dari BPJS, pengaruh Covid 19, persaingan dengan rumah sakit lain, tarif atau biaya pelayanan kesehatan termasuk malah (kebijakan perda) dan hanya memiliki satu dokter obgyn.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024