CITRAWIRA : JOURNAL OF ADVERTISING AND VISUAL COMMUNICATION
Vol. 4 No. 2 (2023)

Komodifikasi Perempuan Pada Desain Kemasan, Studi Kasus Teh Tubruk

Pravitasari, Indriati Suci (Unknown)
Pandanwangi, Brilindra (Unknown)
Laksani, Hening (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Desain kemasan teh tubruk yang diproduksi di Pekalongan Jawa Tengah dan menjadi sampel serta dianalisis pada penelitian ini menunjukkan fakta bahwa perempuan divisualisasikan dengan cara yang tidak aktif melalui kegiatan sehari-hari yang diperankan oleh perempuan di masa lampau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis efek visual 3 sampel desain kemasan teh tubruk, (2) Menganalisis interpretasi komposisi ruang 3 sampel desain kemasan teh tubruk, dan (3) Menganalisis makna sosial 3 sampel desain kemasan teh tubruk. Metode penelitian yang diterapkan berfokus pada salah satu kategori yaitu site of image itself dari Gillian Rose (2002). Hasil analisis menunjukkan bahwa desain kemasan dari ke-3 sampel teh tubruk yang dianalisis memuat komodifikasi perempuan dalam pemunculan ikon dan penamaannya. Ilustrasi perempuan yang disajikan dalam ke-3 sampel desain kemasan di teh tubruk (teh Cap Kepyur, teh Cap Napen, dan teh Nyapu) mencerminkan ide-ide seputar peran domestik, kemandirian perempuan dalam konteks memasak dan memberi makan keluarga.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

citrawira

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus utama jurnal ini adalah untuk mempromosikan forum diskusi secara akademik global dan pertukaran interdisipliner maupun multidisiplin keilmuan dari para cendekiawan peneliti yang mengeksplorasi topik pada permasalahan periklanan dan komunikasi visual. Serial ini akan mendorong inovasi dan ...