Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 5 No. 2 (2023): Bantenese : Jurnal Pengabdian Masyarakat

Penguatan Literasi Bahasa Inggris Siswa SD Melalui Storytelling di Desa Kuripan

Hastuti Retno Kuspiyah (Universitas Nurul Huda)
Cyndi Mareta Shandy (Universitas Nurul Huda)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2023

Abstract

Literasi mempunyai arti penting, sebagaimana selaras dengan mandat pendidikan di Indonesia.Saat ini, pendidikan khususnya di tingkat sekolah dasar, berfokus pada peningkatan keterampilan literasi.Berdasarkan hasil obesrvasi yang telah dilakukan di ketahui bahwa minat baca peserta didik sangat rendah bahkan terdapat beberapa peserta didik di kelas tinggi yang belum bisa dan lancar membaca. Melihat masalah yang timbul diharapkan dengan adanya program pengabdian ini dapat memberikan dampak positif yang dapat menumbuhkan semangat siswa untuk membaca dan meningkatkan kemampuan literasinya.Tujuan dari pengabdian masyarakat ini mahasiswa berupaya untuk meningkatkan kemampuan literasi pada diri setiap siswa SD di Desa Kuripan dengan menggunakan metode Storytelling. Selama tahap pengembangan, Storytelling digunakan untuk mengkomunikasikan informasi modul pembelajaran secara efektif. Di SD Negeri desa Kuripan sangatlah antusias mendengarkan dan mempraktekkan. Pendidik harus memiliki kemampuan menceritakan anekdot sekaligus mendiskusikan berbagai tantangan, guna membangun rasa hubungan emosional antara siswa dan gurunya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PS2PM

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

Jurnal Bantenese adalah Publikasi ilmiah dibidang Pengabdian Masyarakat yang diterbitkan oleh Pusat Studi Sosial dan Pengabdian Masyarakat (PS2PM) Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik dan Ilmu Hukum Universitas Serang Raya (Unsera) dengan nomor e-ISSN 26561840 yang mencakup : Pemberdayaan Masyarakat, ...