Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 4 No. 1 (2023): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pokok Bahasan Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor

Noer Ulum Agung Putra (Universitas Dr Soetomo)
Mohammad Ismail (Universitas Dr Soetomo)
Hetty Purnamasari (Universitas Dr Soetomo)
Muhajir Muhajir (Universitas Dr Soetomo)
Sucipto Sucipto (Universitas Dr Soetomo)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap motivasi dan pemahaman siswa dalam merawat mesin sepeda motor di SMKN 1 Jrengik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan desain penelitian. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pemahaman dan instrumen non tes berupa angket kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Jrengik yang berjumlah 41 siswa dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Konvensional efektif dengan menempatkan kedua model tersebut pada kelas yang berbeda. Kelas A menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan kelas B menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui terdapat perbedaan antara kelas A dan kelas B, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap pemahaman siswa tentang perawatan mesin sepeda motor di SMKN 1 Jrengik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...