Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) terhadap motivasi dan pemahaman siswa dalam merawat mesin sepeda motor di SMKN 1 Jrengik. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan desain penelitian. Penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa soal pemahaman dan instrumen non tes berupa angket kemandirian siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMKN 1 Jrengik yang berjumlah 41 siswa dari 2 kelas, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Konvensional efektif dengan menempatkan kedua model tersebut pada kelas yang berbeda. Kelas A menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan kelas B menggunakan model pembelajaran. Berdasarkan hasil uji statistik diketahui terdapat perbedaan antara kelas A dan kelas B, artinya terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap pemahaman siswa tentang perawatan mesin sepeda motor di SMKN 1 Jrengik.
Copyrights © 2023