Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak dengan menggunakan metode audiolingual pada siswa kelas III SDN Kalipucang Kasihan Bantul pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kalipucang Kasihan Bantul pada tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas III sebanyak 19 siswa. Prosedur penelitian ini terdiri dari tahap Perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan catatan lapangan. Data yang diperoleh pada penelitian ini menggunakan rumus rata-rata dan presentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian dengan menggunakan metode audiolingual pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III Sekolah Dasar Kalipucang dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan menyimak siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa, dari data nilai pada pra siklus siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 10 siswa atau 65,36%, sedangkan siswa yang mendapatkan nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal sebanyak 9 siswa atau 47,36%. Pada siklus I nilai tes evaluasi siswa yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yaitu sebanyak 14 siswa atau 73,68%, Sedangkan pada siklus II seluruh siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal dimana, siswa yang telah mencapai ketuntasan nilai sebanyak 19 siswa dengan nilai rata-rata 97,63.
Copyrights © 2018