Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui cara mengembangkan buku suplemen bahan ajarmembaca menulis permulaan (2) mengetahui kelayakan buku suplemen bahan ajar membaca menulispermulaan kelas 1 di SD Muhammadiyah Karangturi ditinjau dari ahli materi dan ahli media.(3)mengetahui daya tarik siswa buku suplemen bahan ajar membaca menulis permulaan di SDMuhammadiyah Karangturi ditinjau dari respon guru dan respon siswa. (4) mengetahui efektifitasbuku suplemen bahan ajar membaca menulis permulaan di SD Muhammadiyah Karangturi ditinjaudari pretest dan posttest.Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1)peneliti telah menghasilkan produk suplemen bahanajar membaca menulis permulaan yang sesuai dengan langkah-langkah pengembangan. (2) Hasil dariahli materi berkriteria baik dengan skor nilai, skor 57 berada pada interval 47-60. Ahli media totalskor 56 dengan interval 53-63 berkriteria sangat baik.(3) Hasil angket respon siswa saat uji cobaproduk diperoleh presentase 100% memiliki keriteria sangat baik dan saat uji coba pemakaiandiperoleh presentase 92,20% memiliki keriteria sangat baik.hasil respon guru 66 dengan interval 52-68 memiliki kriteria baik.(4) Hasil uji postest kelas ekperimen memperoleh nilai lebih tinggidibandingkan dengan kelas kontrol dengan rata-rata kelas eksperimen 85,42 dan rata-rata kelaskontrol 64,79. Hal ini dibuktikkan dari uji t yang menghasilkan nilai t hitung 7.892 sedangkan t tabeldengan DB 46 diketahui nilai kritis t tabel 2.021. berdasarkan data yang disebutkan diatas terbukibahwa buku suplemen bahan ajar membaca menulis permulaan efektif digunakan.
Copyrights © 2018