Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 4 No. 1 (2022): Tadzkirah : Jurnal Pendidikan Dasar

PARADIGMA DAN REVOLUSI ILMU PENGETAHUAN (THOMAS S. KUHN)

Robiah Al Adawiyati (UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta)
Yunita Budiarti (UIN Sunan Kali Jaga Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2022

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai paradigma serta revolusi. Paradigma didefinisikan sebagai pandangan dasar tentang apa yang menjadi bahasan yang seharusnya dikaji oleh disiplin ilmu pengetahuan. Sedangkan menurut Thomas Kuhn, paradigma ilmu adalah suatu kerangka teoritis atau suatu cara memandang dan memahami alam, yang telah digunakan sekelompok ilmuwan sebagai pandangan dunia (world view). Paradigma itu sendiri memiliki keuddukan penting dalam proses revolusi ilmu pengetahuan, keberadaan paradigma menjadi sebiah system penguji kualitas dari terjadinya revolusi ilmu pengetahuan itu sendiri. Maka dapat kita pahami bahwa paradigma dan revolusi selalu beriringan bersama dan tidak dapat dipisahkan, karena terjadinya revolusi berawal dari sebuah hasil dari paradigma itu sendiri.  

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tadzkirah

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Focus and Scope Tadzkirah: Jurnal Pendidikan Dasar is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. The focus is to provide readers ...