Penelitian ini bertujuan untuk mengukur prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture berbantu snake game pada tema 5 subtema 1 pembelajaran 3. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar observasi guru dan lembar observasi siswa serta hasil prestasi belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kristen Imanuel Semarang tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah 13 siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, teknik persentasi, teknik deskriptif kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rata-rata kelas siklus I sebesar 76,8 dan siklus II nilai rata-rata kelas sebesar 88,6 dan pencapain kriteria ketuntasan minimal (KKM) untuk siklus I sebesar 77% dan pada siklus II sebesar 92%. Melalui model pembelajaran picture and picture, perhatian siswa terpusat pada obyek belajar, siswa mengikuti semua instruksi dari guru, siswa lebih lancar dalam mengerjakan evaluasi dan termotivasi untuk berpendapat selama pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2023