Paper ini membahas desain grafis di dunia periklanan dan pemasaran. Desain Grafis menggunakan kata, gambar dan elemen grafis untuk berkomunikasi serta merupakan bagian dari ekspresi verbal-visual. Infografis saat ini banyak diaplikasikan di dunia periklanan. Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) berusaha membangun brand awareness melalui medium infografis. Infografis yang dibuat merupakan infografis mengenai transportasi darat yang dibuat secara berkelanjutan, berisi tentang ketersediaan transportasi, rute transportasi, jam transportasi, kondisi transportasi, dan kebijakan mengenai transportasi guna membangun brand DTKJ itu tersendiri menjadi sebuah instansi mengenai transportasi di DKI Jakarta yang menarik, aktif, dan sustainable. Instagram digunakan oleh DTKJ sebagai salah satu pendekatan social media marketing dalam usaha penyebaran informasi berbentuk infografis DTKJ kepada khalayak umum. Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan di DTKJ pada bulan Januari-April 2021. Data diperoleh dari wawancara, pengamatan, pengkajian, dan aplikasi praktik desain grafis. Hasil dari project ini dapat dilihat pada periode April 2021 dimana salah satu bentuk postingan infografis mendapatkan reach kedua teratas dari keseluruhan postingan Instagram DTKJ yaitu 2.300 reach serta terdapat kenaikan jumlah followers Instagram DTKJ dari 1.945 followers pada Februari 2021 ke 2.500 followers pada April 2021.
Copyrights © 2023